Pedoman Bagi Penulis

Pedoman Penulisan Jurnal Anestesiologi Indonesia

 

Jurnal Anestesiologi Indonesia (JAI) menerima artikel ilmiah mengenai berbagai aspek yang berkaitan dengan bidang anestesiologi dan terapi intensif. Artikel dapat berupa karangan asli (penelitian), laporan kasus, tinjauan pustaka dan resensi buku. Artikel dapat diterima untuk dipublikasi dengan syarat hanya diperuntukkan bagi Jurnal Anestesiologi Indonesia. Materi dalam jurnal ini boleh di- copy untuk kepentingan pendidikan dan ilmu pengetahuan, bukan untuk kepentingan komersial.Untuk menghindari keterlambatan publikasi, pengarang disarankan untuk secara konsisten mengikuti instruksi-instruksi di bawah ini :

Halaman Pembuka

Halaman pembuka adalah dokumen tersendiri yang berisi:

1. surat permohonan penerbitan naskah, ditujukan pada redaksi Jurnal Anestesiologi Indonesia

2. Judul naskah dalam bahasa indonesia dan inggris, beserta judul singkat yang terdiri dari 50 karakter atau kurang

3. Nama Pengarang, lengkap dengan gelar dan institusi tempat bekerja dan e-mail masing-masing, namun dalam jurnal yang diterbitkan, gelar-gelar tersebut akan dihilangkan. 

4. Pernyataan pengarang

Semua penulis  membuat dan menandatangani pernyataan  bahwa:

- Semua penulis memiliki kontribusi pada artikel yang dikirimkan, dan tidak ada pihak lain yang terlibat dalam pembuatan artikel, namun tidak disebutkan sebagai penulis.

- Artikel belum dimuat atau dikirim untuk diterbitkan pada jurnal lain dan telah disetujui oleh co-authors.

- Setelah diterima penerbit berhak atas copyright materi yang diterbitkan.

- Pandangan-pandangan dan pernyataan-pernyataan dalam naskah adalah tanggung jawab penulis. 

5. Pernyataan konflik kepentingan apabila ada

6. Penyataan potensi konflik finansial ataupun sumber dana ekternal apabila ada

7. Hitung kata untuk abstrak, dan badan artikel tanpa daftar pustaka

 

Abstrak dan kata kunci

Abstrak disusun dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris sebanyak 200-250 kata untuk artikel penelitian, dan 50-100 kata untuk laporan kasus dan tinjauan pustaka. Abstrak seyogyanya mengandung informasi cukup bagi pembaca untuk mengetahui bagian-bagian penting dari artikel tanpa harus membaca seluruh artikel. Di bawah abstrak bahasa lnggris cantumkan 3-5 kata kunci. Abstrak penelitian berisi: Latar Belakang/ Background , Tujuan/ Objective, Metode/ Method, Hasil/ Result, Simpulan/ Conclusion, Kata Kunci/ Keywords. Abstrak untuk laporan kasus dan tinjauan pustaka menyesuaikan. Dalam artikel yang terbit, abstrak akan diubah menjadi satu paragraf.

 

Naskah

Tulisan diketik pada kertas ukuran A4, batas atas-bawah dan samping kiri masing-masing 3 cm, batas kanan 2,5 cm, jarak antar baris 1,2 pt, jenis huruf Times New Roman ukuran 12. Judul tulisan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, dibuat singkat bersifat informatif dan mampu menerangkan isi tulisan; nama para penulis tidak perlu disertakan guna mempermudah proses review.

Format naskah penelitian (karangan asli) terdiri atas: Pendahuluan, Metode, Hasil, Pembahasan, Simpulan, Daftar Pustaka

Format naskah untuk laporan kasus hendaknya memuat pendahuluan,laporan kasus dan diskusi.

Format naskah kajian pustaka meliputi pendahuluan, apa yang dikaji/ pembahasan dan ringkasan hasil kajian.

 

​Tabel, bagan, grafik, gambar dan foto

Tabel, bagan, grafik, gambar dan foto dilampirkan dalam dokumen tersendiri dan terpisah dari naskah. ​Tabel, bagan, grafik, gambar dan foto harus dibuat dengan jelas dan rapi disertai judul yang jelas dan informatif. Diberi nomor menurut urutan dalam naskah. Judul tabel ditempatkan di atas tabel. Untuk bagan, grafik, gambar dan foto dalam media elektronik, mohon kepadatan tidak kurang dari 300 dpi 

Rujukan dan Daftar pustaka

Rujukan dalam teks dibuat berdasarkan model Vancouver yaitu dengan angka sesuai dengan urutan tampil, angka ditulis di atas (supercript) tanpa tanda kurung setelah tanda baca.

Rujukan diutamakan pustaka primer artikel ilmiah dengan tahun yang terbaru. Bila angka berurutan bisa disingkat. Misalnya 2.3,4,5,6 ditulis menjadi 2-6. Dalam satu pernyataan, jumlah rujukan maksimal 5.

Daftar pustaka dibuat dalam sistem Vancouver, contoh:                                                                    

1.   Kepustakaan yang diambil dari jurnal. Contoh:  Soenarjo, Widyastuti E. Perubahan Interval QTc Akibat Induksi Anestesi dan Intubasi. Media Medika Indonesiana. 2001; 36(2): 97-102

2.   Kepustakaan yang diambil dari buku. Contoh: Reves JG, Glass PSA, Lubarsky DA, McEvoy MD. Intravenous non-opioid anesthetics. In: Miller RD ed. Miller’s Anesthesia. 6th ed. Philadelpia: Churchill Livingstone; 2005.p. 317.

3.   Kepustakaan dari thesis/ disertasi. Contoh: Rofii, M. Perbandingan Kadar IL–10 Serum Dengan dan Tanpa Infiltrasi Levobupivakain pada Nyeri Pasca Insisi. [Tesis] Semarang: Universitas Diponegoro; 2006

4.   Kepustakaan dari laman internet. Contoh: Stewart PH. How to Understand Acid-Base: a Quantitative Acid – Base Primer for Biology and Medicine. [internet] 2006. [cited 2007 Feb 14] Available from :http://www.acidbase.org

 

Persetujuan Komite Etik

Semua artikel penelitian menyertakan persetujuan dari Komite Etika dan contoh lembaran informed consent  

 

Penyerahan artikel

- Daftar pada sistem OJS online kami sebagai author, dan ikuti langkah-langkah selanjutnya, ATAU

- Kirimkan artikel dan kelengkapan  via email  : info@janesti.com dalam bentuk .doc atau .pdf, ATAU

Kirimkan artikel ke alamat redaksi dalam bentuk tercetak 1 (satu) rangkap disertai CD berisi artikel dan kelengkapannya dalam bentuk .doc atau .pdf

 

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Unknown: write failed: Disk quota exceeded (122)

Filename: Unknown

Line Number: 0

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Unknown: Failed to write session data (files). Please verify that the current setting of session.save_path is correct (/var/cpanel/php/sessions/ea-php56)

Filename: Unknown

Line Number: 0